Ups and downs of a boy with a bicycle, and with frills knowledge and whatever it.

Thursday, October 22, 2009

Se-bagian Sepeda

Tadi, lagi googling nyari gambar untuk artikel saya karena belum sempet bikinnya (PC masih rusak), eeeh ketemu artikel yang menarik perhatian saya. Setelah saya baca sekilas, tanpa pikir panjang langsung saya comment ke empunya, eeeh (lagi) nggak lama langsung di bales. Dan jawaban yang saya tunggu-tunggu itu pun muncul "silahkan". well, nggak lama langsung kita lihat aja_ :D
Ini dia. Ini adalah bagian-bagian sepeda modern -setidaknya sampai atikel ini diposkan-. Namun sepeda saya tidaklah seperti ini (lebih kaku atau kurang modern).Groupset adalah seluruh komponen mekanik untuk membangun sebuah sepeda. Groupset adalah bagian sepeda yang melekat bersama dengan frame, fork, stem, wheels, tires, sadle, dan handlebars sehingga membentuk sepeda yang utuh. Groupset terdiri dari :
* Shifter (tuas pemindah gigi), kiri (depan) dan kanan (belakang)






* Brake lever (tuas rem), kiri (depan) dan kanan (belakang)






* Brake caliper (rem) bisa berupa v-break atau diskbrake: front and rear







* Derailleurs (pemindah gigi): front and rear






* Headset (pengikat steering tube fork dengan stem)





* Bottom bracket (as tengah)







* Crankset (gear depan lengkap dengan lengan kayuh kiri kanan)






* Chain (rantai)






* Cassette (gear belakang yang terdiri dari 7 – 10 gear)






* Hub and free hub (as roda depan dan belakang)






* Perkabelan dan rumah kabel

Mungkin cukup (meski nggak akan pernah cukup untuk ilmu) dulu, lumayan untuk nambah ilmu. Terima kasih untuk mas Aje dan terima kasih juga untuk para pembaca Sepeda Hijau.

2 comments:

Jhoni20 said...

busyeeetttttt.........ini onderdil sepeda dipreteli semua.....gimana masangnya lagi zan??????

UzAn-Namus said...

He3x_ Nggak tahu tuh kak... Untung jugaaa bukan sepeda saya_ Hi3x :D

Post a Comment