Ups and downs of a boy with a bicycle, and with frills knowledge and whatever it.

Friday, October 16, 2009

Sepeda "Aman" Bergir

Salam sepeda hijau... setelah sekian lama tidak mem-post artikel terkait, kini saya kembali dengan post yang lumayan meski masalah yang membuat ini terhambat belum berlalu. Check this out...!

Sepeda masa lampau mempunyai roda yang besar sekali sehingga dengan satu kali putaran pedal saja pengendaranya dapat menempuh jarak yang cukup jauh. Keuntungan lain penggunaan roda besar itu ialah pengendara dapat menikmati melucurnya sepeda dengan halus. Sepeda masa lampau, yang diperkenalkan pada tahun 1870-an, mempunyai roda depan yang tingginya 1,5 meter, sedangkan roda belakangnya hanya 2/3 dari roda depan itu. Sayangnnya, sepeda semacam itu berbahaya jika dinaiki. Jika sepeda berhenti dengan mendadak, pengendaranya akan terlempar di atas stannya. Sepeda aman seperti yang tampak disini, buatan tahun 1888, lebih aman karena perbedaan ukuran kedua rodanya lebih kecil. Pedalnya dihubungkan dengan roda depan oleh sistem gir matahari-dan-planet, yang mengubah gerakan naik-turun pedal itu menjadi gerakan putar rodanya.
>>Pedal yang menggerakkan gir planet, yang mengelilingi gir matahari, yang memutar sumbu roda.

Jendela Iptek - Teknologi
PT Balai Pustaka, Jakarta
Roger Bridgman 2000

3 comments:

k_bejo said...

Klo di Sunda ad Dulu Lagunya : "Sepedah Kumbah sisa Zaman Jepang Sawiosss..."

Jhoni20 said...

wah ternyata pengetahuan sepedanya boleh juga..........ayo bikin artikle mengenai sepeda2 yang terbaru saat ini, masa ada yang harganya sampai 36 juta......damn!!!!

UzAn-Namus said...

@ Hendrie k_bejo: maaf kak, saya nggak ngerti maksudnya.

@ Jhoni: Terima kasih kak. Beneran tuh kak? Da-- too_

Post a Comment