Ups and downs of a boy with a bicycle, and with frills knowledge and whatever it.

Sunday, October 25, 2009

Sepeda dari Masa ke Masa

Masih seputar blogwalking yang memberi manfaat besar terhadap kita. Kali ini saya menemukan artikel berjudul "Sepeda dari Masa ke Masa", sebuah perkembangan sepeda sejak awal dipikirkan dan dirancang. Oia, saya mendapatkan artikel ini tnpa seizin dari pemiliknya, karena saya pikir beliau sudah tidak menulis artikel pada blognya lagi sejak 13 Desember 2008, tetapi mudah-mudahan ucapan terima kasih saya dapat diterima oleh beliau. Mari kita simak apa yang telah dituliskannya.


Ini adalah sepeda yang dibuat pertama kali oleh orang Jerman, Baron von Drais pada
tahun 1817, trus dinamain Draisienne. Semuanya terbuat dari kayu. Cara menggunakannya yaitu dengan mendorongnya kaki ke tanah.







Tahun 1839, Kirkpatrick MacMillan seorang pandai besi dari Skotlandia mendesaian sepeda yang tidak digerakkan dengan menjejakkan kaki ke tanah dan dinamakan MacMillan Velocipede.







Sepeda yang diproduksi secara masal yaitu pada tahun 1860, dirancang oleh orang perancis yang bernama Pierre Michaux, hasil rancangannya dinamain Michaux Velocipede.








Sepeda dirancang menggunakan metal yang ringan di sebelah kanan ini dibuat oleh orang Inggris, Reynolds pada tahun 1869, tapi hanya framenya aja, trus roda dari kayu tetapi dilapisi karet, karetnya dipakukan ke roda kayu. Sepedanya dinamain Phantom.






Tahun 1870 sebuah pabrik sepeda di Coventry Inggris mendesain sepeda yang diberi nama Ariel James Starley dan William Hillman mendesain si Ariel ini, dimana seluruh bagian sepeda dibuat dari metal.







Tahun 1876 sepeda roda tiga pertama diproduksi masal oleh Cobentry Lever yang dibuat oleh Starley dan diberi nama Salvo. Dilengkapi dengan lampu penerangan dan menjadikan kendaraan paling populer kala itu.




Kangaroo dibuat pada tahun 1878. Sepeda yang dilengkapi sistem perpindahan gear dan yang menciptakan pemindahan gearnya adalah Otto dan Wallace, hasil ciptaannya dipatenkan oleh mereka berdua. Sepeda ini juga mulai dilengkapi dengan rem. Karena kecepatannya sudah mulai tinggi.







Ketika orang mulai memikirkan kecepatan sepeda, pada tahun 1879, Bayliss Thomas membuat sepeda yang nyaman dan lebih cepat, dilengkapi dengan pedal dari karet dengan berat sepeda hanya 22 kg.






Tahun 1879 juga mulai ada yang bikin sepeda menggunakan rantai. Nama pembuatnya Harry John Lawson orang Inggris dinamain Lawson Bicyclette.







Ini dia prototipe cikal bakal sepeda modern, dibuat tahun 1885 oleh John Kemp Starley keponakan si pembuat sepeda Ariel, James Starley. Dimana sepeda ini bentuknya seperti sepeda yang kita lihat sekarang. Ada sadelnya, rantai, rem dll deh. Sepeda ini dinamain rover.



Itulah yang beliau tulis di sana. terima kasih.

0 comments:

Post a Comment